Cara Cek Firmware Android Yang Cocok Sebelum Instal Ulang

Cara Cek Firmware Android Yang Cocok Sebelum Instal Ulang  - Firmware bisa juga disebut Stock ROM merupakan sistem operasi yang ada pada perangkat ponsel ando termasuk juga pada perangkat berbasis android. 

Untuk versi firmware yang ada di android berbeda-beda tergantung dari pabrik mana ponsel tersebuat dibuat dan diluncurkan.

Versi firmware satu merk smartphone bisa saja beda. Jadi smisal kita menggunakan smartphone Samsung Galaxy A6 Plus 2018 indonesia tentu saja berbeda degan versi Firmware pabrikan Samsung Galaxy A6 2018 Plus yang ada di rusia/ di amerika

Karna firmware yang ada di hp Samsung Galaxy A6 Plus 2018 yang ada di rusia mengikuti kebijakan privasi negara yang ada di sana.

Begitu pula firmware yang ada di indonesia, itu juga harus pasti mengikuti kebijakan negra indonesia, Jika kita tetap memaksa untuk melakukan flash ulang dari firmware yang tidak cocok maka hasilnya adalah bootlop atau mati total.
{tocify} $title={Daftar isi :}

Cara Cek Firmware Yang Cocok Untuk Android 

Cara Mengetahui Firmware Yang Cocok Dengan hp android yang mau di instal/flash ulang
Cara Mengetahui Firmware Yang Cocok Dengan hp android yang mau di instal/flash ulang 

Cara ini bisa kalian lakukan jika hp android yang mau di instal ulang masih bisa hidup dan masih bisa ke menu pengaturan android langkah langkahnya seperti berikut : 
  • Menuju ke pengaturan android 
  • Tentang ponsel 
  • informasi perangkat lunak 
Informasi perangkat lunak 

Berikut cara lengkapnya untuk cek firmware yang kompatible dengan hape android kita

1. Mengetahui HP Android Yang Digunakan

Pastinya cara ini sudah tidak perlu di bahas panjang lebar. masa agan tidak mengetahui hp android yang agan gunakan sendiri?

Kalau memang iya copot saja batereinya dan lihat nama hape nya yang ada di belakang batrei atau kalau hp android anda masih hidup bisa anda bisa melihat pada bagian about phone (Tentang ponsel) pada menu pengaturan

2. Cek Versi Model 

Silakan cek versi model yang ada di pengaturan hp android anda. karna dari versi model ini biasanya akan mendeskripsikan pada hp android yang kita gunakan. Apakah menggunakan firmware indonesia atau malaysia atau negara yang lainya.

Berikut detail versi model yang harus anda perhatikan :

Nomer Model (SM-A605G/DS) (Lihat Gambar Di Atas)

Nomer modal ini akan mendeskripsikan ponsel anda dari pabrikan mana, Jika anda punya hp android Samsung Galaxy A6 Plus 2018 yang indonesia & malaysia sialakan anda bandingkan.

Pasti akn berbeda pada bagian Versi model Samsung Galaxy A6 Plus 2018 indonesia dengan versi model Samsung Galaxy A6 Plus 2018 malaysia.

Nomer Serial

Nomor serial pada hp android akan mendeskripsikan nomer mesin yang ada pada hp, dan ini tentu saja akan berbeda beda di stiap ponsle android Samsung Galaxy A6 Plus 2018

Nomer IME Slot 1 & 2

Nomer ime juga akan berbeda beda di stiap hp android, kalau dulu di tahun 2016 ke bawah nomer ime pada ponsel android memiliki satu

Untuk android Samsung Galaxy A6 Plus 2018 kini sudah memiliki nomer IME 2 yang di tanamkan pada bagian slot masing masing kartu

3. Versi Android Yang Saat Ini Digunakan

Nah untuk poin nomer 3 ini yang perlu anda perhatikan juga silakan cek di versi android yang kita gunakan.

Seperti gambar di atas sudah jelas ya gan, versi android Samsung Galaxy A6 Plus 2018 yang saya gunakan adalah versi 8.0.0  yaitu versi android Oreo.

4. Versi Pita Dasar 

Nah untuk versi pita dasar ini menduduki cek yang terahir, karna biasanya versi pita dasar yang kita gunakan akan berganti ganti jika kita sudah melakukan upadate pada hape android yang kita gunakan.

Jadi kalau semisal versi pita dasar kita waktu Masmallow 08170 bisa jadi saat sudah update Ke oreo bisa berganti 0817.

Jika dilihat di gambar di atas versi pita dasar yang saya gunakan adalah : A605GDXU3ARK1

5. Mencari Firmware Yang Cocok Untuk Android 

Kita padukan dari deskripsi di atas untuk mencari firmware yang cocok dengan cara ketikan di colum pencarian google dengan keyword berikut :

FIrmware Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G/DS - A605GDXU3ARK1" Dimana pencarian firmware di sudah dudah kita padukan dengan nomer model, versi android, Dan pita dasar

Namun bagikalian yang terlanjur sudah bootlop dan ingin mengetahui versi androidnya kalian bisa lihat di balik hape android yang di gunakan Yaitu dengan cara membuka batrei pada hape android kita

Cara Mengetahui Versi Firmware Android Yang Mati Total 

Namun bagi anda yang sudah mendapatkan bootloop atau ponsel sudah mati total dan tidak sempat mengetahui versi firmware yang anda gunakan seperti cara yang sudah bahas di atas masih ada jalan lain untuk dapat mengetahui.

Cara mengethaui firmware yang cocok pada ponsel android yang mati dengan cara mengetahuinya anda harus tahu
  • Kapan ponsel itu di beli?
  • Kapan ponsel itu launching?
  • Di negara manakah anda memebeli ?
Smisal contoh anda membeli ponsel  Samsung Galaxy A6 Plus 2018 di indonesia pada tahun 2018

Maka yang dapat anda lakukan untuk menemukan firmware yang cocok degan ponsel Samsung Galaxy A6 Plus 2018 anda adalah sebagi berikut:

Contohnya yang bisa anda cari dan anda ketikan di kolom pencarian google.co.id "Download Firmware Samsung Galaxy A6 Plus 2018 Indonesia"

Setelah hasilnya tampil pada halaman google silakan anda periksa stiap postingan satu persatu, Baca sampai tuntas artikel yang menyediakan download frimware tersebut

Jangan malas membaca sebuah artikel yang panjang lebar Dan jangan lupa untuk membaca kometar yang ada pada postingan tersebut,

Jika komentarnya Banyak yang nice atau sukes maka ngak usah ragu lagi tinggal anda download dan instal pada ponsel anda

Kalau tidak ada komenya?
Yah itu tergantung anda, kalau saya peribadi yang pentinga yakin dan sudah cocok dari deksripsi artikelnya saya download sudah pasti saya download dan mencobanya mengisntal di hp andorid saya yang sudah bootlop

Cara Mengetahui Versi Firmware Android Yang Cocok Dengan Hp Android Yang Sudah Bootloop

Cara yang kedua mungkin cukup mudah sekali dan memang cara ini yang sering saya lakukan, kali ini kita akan menggunakan metode singkat dengan cara anda harus punya akun facebook.

Yah kali ini kita memanfaatkan facebook untuk mencari firmware yang cocok denga ponsel android anda yang yang sudah mati total atau bootlop.

jika anda menggunan ponsel Samsung Galaxy A6 Plus 2018  smisalnya,

Tinggal anda cari di kolom pencarian facebook dan ketikan grup Samsung Galaxy A6 Plus 2018 indonesia.

Silakan anda bergabung dengan grup tersebut jika sudah di terima anda langsung dapat menulis di kolom diskusi grpup facebook.

Tulisakan kata dengan hastag #Help me pada postingan anda di forum samsung galaxy j5 2016 tersebut

Karna kebanyakan grup menyediakan aturan mengguanakan hastag atau tanda pagar untuk memposting di halam grup facebook untuk mempermudah mengetahui apa yang sudah anda kirimkan di halaman grop facebook.

Contoh Meminta Firmware Di Group Facebook 

#Help me mastah, Ada yang punya firmware Samsung Galaxy A6 Plus 2018 indonesia ? Please share linknya mastah
#Trimakasih

Ingat sebelum anda memposting di halaman grop facebook sebaiknya anda melihat daftar DOC yang sudah ada di facebook

Karna kebanyakan grup grup yang ada di facebook memeiliki DOC yang menyediakan beberapa file atau tips dan trik tersendiri yang bisa langsung anda download

Smisal seperti versi frimware, Tips mengatasi error pada room, mengatasi error pada systemUI, biasanya oleh admin atau orang lain yang sudah memosting di halaman facebook akan di jadikan DOC

Itulah bebrapa cara megetahu firware yang cocok dengan ponsle kita, baik ponsel yang sudah bootlops atau masih hidup, 
Abdul Basith

Dengan menulis menjadi abadi..!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama