Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Sebelum membeli HP samsung bekas, Pastikan dulu HP Samsung Asli atau KW yang akan kamu dapatkan nanti. Jika kamu tertarik untuk membeli HP samsung, hati-hati diluar sana banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menjual HP samsung palsu.

Samsung merupakan brand perusahaan smartphone yang namanya mendunia. Terlebih di indonesia, Ponsel Samsung memiliki reputasi yang sangat baik dari segi pelayanan dan juga fitur canggih yang ditawarkan.

Peminat HP samsung di indonesia sangat tinggi, Sehingga hal ini tidak menutup kemungkin ada beberapa oknum yang menjual HP samsung KW dipasaran. Terlebih jika HP samsung tersebut kamu beli bekas, Tentunya akan lebih susah untuk mengetahui keasliannya.

Saking besarnya, Samsung memiliki pasar tersendiri di Indonesia dan banyak negara lainnya. Namun, kesuksesan Samsung tidak cuma membawa nama baik bagi negara produsennya, Korea Selatan.

Oleh karena mereknya yang terkenal, Samsung kini memiliki banyak replika. Beberapa replika bahkan terlihat identik dengan barang aslinya! Lalu, apakah ada cara untuk membuktikan orisinalitas HP Samsung?

Tentu saja ada!

Yuk, langsung saja kita bahas pada ulasan cara cek HP Samsung asli atau palsu di bawah ini!

Cara Cek HP Samsung Asli atau Replika

Cara Mengetahi HP Samsung Asli atau KW Replika

Mungkin jika kamu membeli HP samsung baru tidak akan khawatir dengan keaslianya, Lantas bagaimana jadinya jika kita membeli HP samsung dengan kondisi bekas?

Apa saja yang bisa dijadikan patokan jika HP samsung tersebut merupakan HP samsung asli bukan KW ataupun replika? Berikut kami telah ciri ciri HP samsung original di bawah ini.

1. Uji Coba Menggunakan LCD Test

Cara mengetahui HP samsung asli atau palsu yang pertama kamu bisa langsung menggunakan layanan Tes LCD. Cara penggunanya pun cukup mudah.

Buka tombol dial (tombol panggil) Lalu ketikan *#0*# selanjutnya windows samsung tes akan tampil yang memiliki berbagai menu di dalamnya. Jika semisal, Ketika kamu mengetikan kode di atas window tes HP samsung tidak muncul dapat dipastikan HP tersebut merupakan KW atau HP samsung replika.

Selain bisa dijadikan patokan utama HP samsung tersebut original, Kamu juga bisa melakukan pengujian di Menu tersebut seperti : Uji coba kamera, Ujicoba Suara, Ujicoba sensor, Uji coba layar sentuh dan semua fitur yang ada di HP samsung tersebut.

Sedangkan HP Samsung palsu biasanya tidak menampilkan informasi ini sama sekali. Selain mengetik kode *#0*# kamu juga bisa mencoba mengetes spesifikasi HP dengan mengetik *#*#4636#*#* pada layar panggilan.

Di sini, kamu akan mendapatkan informasi spesifikasi ponsel. Sama dengan cara cek sebelumnya, informasi tidak akan muncul jika HP kamu merupakan ponsel abal-abal.

2. Cek Menggunakan Kode Rahasia

Untuk bisa membedakan HP samsung asli atau KW kamu juga bisa menggunakan kode rahasia HP samsung berikut *#1234# pada layar panggilan. Kode ini berfungsi untuk melihat tipe smartphone Samsung. Cocokkan tipe HP pada informasi yang tersedia dengan seri yang tertulis pada boks.

Apabila namanya dan nomornya berbeda, bisa kamu simpulkan HP tersebut merupakan ponsel KW. Untuk mengetahui kode yang muncul setelah mengetikkan kode, kamu harus tahu cara membaca nomor seri terlebih dahulu.

Sebagai contoh, kode SM-N975F/DS adalah model untuk HP Samsung Galaxy Note 10+. Semua kodenya bisa kamu cek melalui website resmi Samsung.

3. Cek Nomor IMEI

Cek HP samsung atau KW yang ketiga kamu bisa melakukan cek pada bagian IME Hp samsung yang akan dibeli.

Seperti yang dikutip dari laman resmi samsung, International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan kode unik perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

Cara mengecek keaslian HP Samsung menggunakan IMEI bisa kamu lakukan dengan memeriksa kesamaan nomor IMEI pada boks. Nomor pada boks harus sama dengan kode yang terpampang pada layar setelah mengetik *#06# pada layar panggilan.

Apabila kode yang kamu dapat tidak sama, maka HP merupakan produk palsu. Selain melalui layar panggilan, kamu juga bisa mengecek nomor IMEI Samsung melalui situs IMEI.

Caranya mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor IMEI pada boks dan samakan informasi yang terpampang di layar. Jika nomornya serasi, maka HP kamu merupakan produk asli. Oh ya, IMEI juga bisa kamu pakai untuk melacak HP hilang, Sahabat Pojok.

4. Cek Fisik HP

Meski cek HP Samsung asli atau KW dari sisi fisik bisa terbilang cukup sulit, Rupanya ada beberapa identifikasi jika memang benar HP tersebut merupakan HP samsung original.

Salah satu cara membedakannya adalah ketebalan dan material casing yang digunakan. Langkahnya kamu bisa cek pada bagian laman resmi samsung tentang ketebalan dan bahan materialnya. Selanjutnya kamu periksa pada HP yang akan dibeli.

Biasanya, HP Samsung asli memiliki body yang tebal dan kuat, tidak murahan seperti plastik. Material HP Samsung yang asli juga cenderung terasa lebih kasar dan jika diketuk mengeluarkan suara lebih dalam.

Sementara HP buatan China atau HDC biasanya terbuat dari bahan semi-plastik. Materialnya pun lebih licin dan ringan ketika kamu genggam di tangan. Pastikan kamu mengecek kualitas body ponsel sebelum membeli, ya!

5. Cek Kualitas Layar

Seperti yang sudah kita tahu semua, Bahawasanya HP samsung memiliki layar yang berkualitas. Selain material body, cara cek HP Samsung juga bisa dengan meneliti kualitas layar yang digunakan.

HP Samsung palsu merupakan seri flagship, di mana kualitasnya jauh lebih rendah dari smartphone aslinya. Layar HP Samsung asli dibuat dengan teknologi Super Amoled yang membuatnya lebih jernih dan tajam.

Sementara itu, HP flagship hanya menggunakan IPS LCD atau TFT, sehingga kualitasnya lebih buruk. Layar IPS LCD atau TFT terlihat lebih buram dan tidak menghasilkan gerakkan yang mulus.

Tidak hanya melalui kualitas layar, bentuknya juga bisa dibedakan. Layar HP Samsung palsu biasanya memiliki bezel yang tebal. Bezel yang terlalu tebal akan membuat HP lebih cepat panas dan tidak tahan lama.

6. Cek Menggunakan Samsung KIES

HP samsung memiliki aplikasi desktop yang diberi nama Samsung KIES yang digunakan untuk mendeteksi perangkat samsung asli atau KW.

Samsung KIES adalah aplikasi khusus pengguna Samsung yang fungsinya adalah untuk mengecek spesifikasi dan originalitas produk. Caranya gampang lo.

Cukup unduh aplikasi KIES pada laptop terlebih dahulu dan setelah itu sambungkan HP ke laptop menggunakan kabel data. Tunggu beberapa saat sampai layar laptop menunjukkan informasi HP Samsung yang sudah terhubung.

Apabila informasi tersebut tidak muncul, bisa dibilang ponselmu merupakan produk palsu. Untuk lebih yakin, kamu bisa mengganti kabel data atau menyambungkan ulang HP ke laptop.

Siapa tahu ada kerusakan dari faktor luar. Namun, jika informasi KIES tetap tidak muncul setelah mengganti kabel data dan laptop, bisa dipastikan HP kamu benar-benar palsu!

7. Cek Kualitas Kamera

Meski sekarang kualitas HP replika yang super juga memiliki kamera bagus, Akan tetapi usahanya tersebut belum bisa mengelabui soal urusan hasil kamera dari samsung ini.

Namanya harga dan kualitas tidak pernah bohong lah ya. HP Samsung tersohor memiliki kualitas kamera yang memiliki resolusi tinggi. Beberapa produknya bahkan berhasil menyaingi merek HP mahal yang terkenal dengan kualitas kameranya seperti Apple.

Hasil jepretan HP Samsung memiliki detail yang tajam dan jernih. Kamu bisa membandingkannya dengan HP palsu yang hasilnya jauh lebih buram.

Selain itu, HP Samsung juga memiliki fitur zoom jauh, sementara produk palsu biasanya hanya bisa zoom satu atau dua kali saja. Memang ada beberapa yang bisa zoom jauh, tetapi hasilnya pasti pecah karena resolusinya jelek.

8. Cek Spesifikasi CPU-Z atau AIDA64

Informasi yang diberikan oleh samsung KIES belum cukup untuk membuktikan HP samsung yang asli maupun KW. Untuk itu, Kamu butuh aplikasi tambahan untuk di install dan melakukan cek spesifikasi di bagian CPU.

Sebelum melakukan langkah ini, Kamu bisa cep CPU dan Chipset yang digunakan di situs resmi terlebih dahulu. Selanjutnya samakan dengan hasil tes uji coba menggunakan aplikasi tersebut.

Jika semisal hasilnya sama, Dapat dipastikan produk yang akan kamu tersebut merupakan HP samsung asli.

Untuk mengecek spesifikasi dalam HP, kamu bisa menggunakan aplikasi CPU-Z dan AIDA64. Kedua aplikasi tersebut gratis dan bisa kamu unduh tidak pada HP Samsung saja, tetapi semua ponsel Android.

CPU-Z dan AIDA64 akan menampilkan spesifikasi HP dalam, mulai dari seri, model, sampai pengaturan lengkapnya. Aplikasi-aplikasi ini merupakan cara paling legit, karena informasinya tidak bisa diubah atau diedit oleh pihak ketiga.

Setelah aplikasi terunduh, kamu bisa membedakan nomor pada layar dan boks HP. Seperti langkah-langkah sebelumnya, apabila nomor seri dan modelnya terbukti berbeda, itu artinya HP kamu merupakan produk palsu.

Pastikan semua nomor, model, dan keterangannya sama. Pasalnya, jika ada satu nomor yang berbeda, akan menimbulkan pertanyaan terkait keaslian ponsel.

9. DosBook HP Samsung

Nah langkah yang ke sembilan ini untuk bsia membuktikan HP samsung asli atau KW kmau bisa meminta dosbook HP samsung yang akan dibeli. Pada bagian doosbook juga terdapat beberap informasi seperti :

  • Spesifikasi ponsel
  • Spesifikasi kamera
  • dan juga nomor IME

Silakan cek semua dan samakan dengan HP samsung yang akan kamu beli. Jika memang iya semua data sama persi dengan yang ada di doosbook, Selamat kamu mendapatakan HP samsung Asli.

Madura City

Mengulas tuntas seputar madura, berita, wisata, tradisi, budaya dan sejarah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama